Home PAUD/TK

Rencana Kegiatan Harian (RKH) PAUD

Wadahguru.com Salah satu tugas rutin guru anak usia dini adalah menyusun Rencana Kegiatan Harian (RKH). Berdasarkan hasil kajian dapat dideskripsikan pentingnya guru dalam membuat RKH, dan beberapa hal yang harus dipertimbangkan oleh guru dalam membuat RKH. Bahkan guru dapat secara fleksibel menyusun RKH dengan berbagai model pembelajaran, di antaranya RKH (a) model pembelajaran klasikal; (b) model pembelajaran kelompok dengan kegiatan pengaman; (c) model pembelajaran berdasarkan sudut-sudut kegiatan; (d) model pembelajaran area; dan (e) model pembelajaran berdasarkan sentra.


RKH ialah program harian yang akan dilaksanakan oleh pendidik pada setiap hari saat mengajar. RKH memiliki komponen berupa: tema /sub tema /sub-sub tema, alokasi waktu, hari /tanggal, kegiatan pembukaan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. RKH adalah perencanaan program harian yang akan dilaksanakan oleh pendidik/pengasuh pada setiap hari atau sesuai dengan program lembaga. Komponen RPPH tersebut adalah: tema/sub tema, alokasi waktu, hari/tanggal, kegiatan pembukaan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup.


Rencana Kegiatan Harian (RKH) PAUD


Yang harus diperhatikan ketika menyusun RKH:



  1. Visi, misi, dan tujuan satuan PAUD: cita-cita yang ingin diwujudkan dalam visi dan tujuan harus dimasukkan ke dalam jadwal. Misalnya, menjadikan anak yang sehat, berarti ada kegiatan pembiasaan makan, pembiasaan kebersihan diri dan lingkungan yang menunjang anak sehat, dan sebagainya.

  2. Ranah perkembangan: setiap kegiatan yang dijadwalkan harus mengembangkan kompetensi dasar yang jelas. Misalnya, penyambutan pagi hari mengembangkan kompetensi dasar 2.13. Guru harus memiliki perilaku yang mencerminkan sikap santun kepada orang tua, guru, dan teman sikap sopan, peduli, dan  3.14. Mengenali kebutuhan, keinginan, dan minat diri.

  3. Keruntutan: jadwal harian memperhatikan keruntutan kegiatan dan persiapan yang diperlukan akibat perindahan dari satu kegiatan ke kegiatan lain. Misalnya ketika anak selesai bermain motorik dan sebelum masuk ke ruangan, diperlukan waktu transisi. Transisi artinya persiapan agar anak siap mengikuti kegiatan selanjutnya. Waktu transisi diisi dengan minum, cuci tangan, atau berbaris, sehingga anak kembali tertib saat masuk ruangan.

  4. Waktu: setiap kegiatan diperkirakan memerlukan waktu berapa menit dan bagaimana mengelola kegiatan tersebut. Alokasi waktu disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan anak. Misalnya untuk bermain inti anak memerlukan waktu selama 1 jam, sedangkan main motorik memerlukan waktu 20 menit, dan waktu makan 20 menit.

  5. Kesiapan seorang pendidik yaitu pendidik adalah tim yang kompak, jadi siapapun yang bertugas harus memiliki sikap yang sama dalam menghadapi anak.

  6. Komitmen: jadwal harian tidak hanya diperuntukan bagi anak-anak tetapi juga untuk pendidik, pengelola, termasuk tenaga lain yang ada di satuan PAUD, misalnya tukang kebersihan, tenaga administrative, dan lainnya.


Rencana Kegiatan Harian (RKH) PAUD


com Salah satu tugas rutin guru anak usia dini adalah menyusun Rencana Kegiatan Harian  Rencana Kegiatan Harian (RKH) PAUD
                                      RPH wadahguru.com

Langkah-langkah penyusunan RKH :



  • RKM harus memilih indikator  untuk dimasukkan ke dalam RKH jadi indikator dan tingkat pengembangan diambil dari RKM. Penulisan indikator dalam RKH diberi keterangan bidang pengembangan.

  • Merumuskan kegiatan untuk mencapai indikator yang dipiloih dalam RKH harus memilih kegiatan ke dalamnya ada kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. Pada kegiatan inti dalam RKH, pembelajaran dibagi ke dalam bebrapa kelompok sesuai program yang direncanakan.

  • Metode yang dipilih harus sesuai dengan kegiatan yang ditentukan.

  • Sumber belajar atau alat yang akan digunakan diharapkan dapat menunjang kegiatan pembelajaran tersebut.

  • Dapat menyusun alat permainan yang dapat mengukur ketercapaian indikator.


Download Rencana Kegiatan Harian (RKH) secara gratis di bawah ini :



Rencana Kegiatan Harian (RKH) PAUD yang sering dicari :




Sumber https://soalterbaru.com/

Baca juga :

No comments:

Post a Comment

to Top
close